Patofisiologi Gagal Jantung

Faktor-faktor yang mengganggu pengisian ventrikel seperti stenosis katup atrioventrikularis dapat menyebabkan gagal jantung. Keadaan -keadaan seperti perikarditis konstriktif dan tamponade jantung mengakibatkan gagal jantung melalui gabungan beberapa efek seperti gangguan pada pengisisan ventrikel dan ejeksi ventrikel. Dengan demikian jelas sekali bahwa tidak ada satupun mekanisme fisiologis atau gabungan berbagai mekanisme yang bertanggung jawab atas terjadinya gagal jantung, efektivitas jantung sebagai pompa dapat dipengaruhi oleh berbagai gangguan patofisiologis. Faktor-faktor yang dapat memicu perkembangan gagal jantung melalui penurunan sirkulasi yang mendadak dapat berupa : aritmia, infeksi sistemis dan ienfeksi paru-paru serta emboli paru.

Patofisiologi

Bila reservasi jantung (cardiac reserved) normal untuk berespons terhadap stress tidak terlalu kuat untuk memenuhi kebutuhan metabolik tubuh, maka jantung dinyatakan gagal untuk melakukan tugasnya sebagai pompa dan akibatnya terjadi gagal jantung, Demikian juga, pada tingkat awal disfungsi komponen pompa secara nyata dapat mengakibatkan gagal jantung.

Jika reservasi jantung normal mengalami kepayahan dan kegagalan, respons fisiologis tertentu pada penurunan curah jantung adalah penting. Semua respons ini menunjukkan upaya tubuh untuk mempertahankan perfusi organ vital tetap normal. Terdapat 4 mekanisme respons primer terhadap gagal jantung, meliputi :

1. Meningkatnya akivitas adrenergik simpatis
2. Meningkatnya beban wal akibat aktivitasi neurohormon
3. Hipertrofi ventrikel
4. Volume cairan berlebih (overload volume)


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gagal Jantung and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>